Apa Itu IMR ( Inokulan Mikroba Rizhofer )

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Apa Itu IMR ( Inokulan Mikroba Rizhofer )

Selasa, 18 Mei 2021


Inokulan mikroba juga dikenal sebagai inokulan tanah atau bioinokulan adalah amandemen pertanian yang menggunakan mikroba rizosfer atau endofit yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tanaman. Banyak mikroba yang terlibat membentuk hubungan simbiosis dengan tanaman sasaran yang menguntungkan kedua belah pihak ( mutualisme ). Sementara inokulan mikroba diterapkan untuk meningkatkan nutrisi tanaman, inokulan juga dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan merangsang produksi hormon tanaman. [1] [2]

Penelitian tentang manfaat inokulan dalam pertanian melampaui kapasitasnya sebagai pupuk hayati . Inokulan mikroba dapat menyebabkan resistensi didapat sistemik (SAR) spesies tanaman terhadap beberapa penyakit tanaman umum (memberikan resistensi terhadap patogen). Sejauh SAR telah ditunjukkan untuk embun tepung ( Blumeria graminis f. Sp. Hordei , Heitefuss, 2001), mengambil semua ( Gaeumannomyces graminis var. Tritici , Khaosaad et al. , 2007), bercak daun ( Pseudomonas syringae , Ramos Solano et al. , 2008) dan busuk akar ( Fusarium culmorum , Waller et al. 2005).

Selain itu, semakin diakui bahwa inokulan mikroba sering mengubah komunitas mikroba tanah (Mawarda et al. , 2020), yang harus diperhitungkan.


Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Microbial_inoculant